Hai teman-teman, pada blog kali ini saya akan
membahas tentang 5P dan 7P dalam Bauran Pemasaran. Apa kalian sudah mengetahuinya?
Jika belum maka dibawah ini adalah pembahasannya.
Sebelum kita masuk ke pembahasan 5P dan 7P, kita
harus mengetahui “Apasih Bauran Pemasaran itu?”. Berikut penjelasannya.
BAURAN PEMASARAN
Dalam
memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan, diperlukan suatu
pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran
pemasaran (marketing mix).
Marketing mix atau yang diserap ke
dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan
atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk
menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
Bauran pemasaran terdiri dari 5P dan 7P,
berikut penjelasannya :
- 5P (konvensional)
Istilah ini mungkin asing untuk masyarakat.
Apakah itu 5P? 5P adalah taktik marketing yang dapat di gunakan dalam kombinasi
yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market
perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi internal dan
eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing
mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu?
1.
Place (tempat)
Place adalah berbagai kegiatan
perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/ dijual terjangkau dan tersedia bagi
pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments,
locations, inventory, and transport.
2.
Promotion (promosi)
Promotion adalah kegiatan perusahaan
untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public
relation, and direct marketing.
3.
People (orang)
People adalah semua pelaku yang
memainkan peranan penting dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat mempengaruhi
persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan
konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan
dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian
produk dan jasa.
4.
Price (harga)
Price adalah
adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang
tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut
potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagi variabel yang
bersangkutan.
5.
Product (produk)
Product adalah segala sesuatu yang
ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk
dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name,
packaging, sizes, services, warranties, and returns.
Namun
dalam pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran (marketing mix) mengalami
perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock dan Wright mengembangkan bauran
pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan
menggunakan pendekatan 7P, yaitu: product elements; place, cyberspace, and
time; promotion and education; price and other user outlays; process;
people; and physical evidence.
1. Product Elements
Product elements adalah semua
komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
2. Place
cyberspace, and time
Place,
cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan
bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
3. Promotion
and education
Promotion
and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk
membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik
yang perusahaan berikan.
4. Price and other user outlays
Price and other user outlays
adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam
membeli dan mengkonsumsi produk dan layman yang perusahaan tawarkan dan
sajikan.
5. Process
Process adalah suatu metode
pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk
dan layanan yang baik kepada pelanggan.
6. Physical evidence
Physical
evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara
nyata kualitas produk dan layanan.
7. People
People adalah pelanggan dan karyawan
yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
Gimana nih teman-teman? Kalian pasti sekarang sudah
mengertikan apa yang dimaksud dengan 5P & 7P dalam Bauran Pemasaran itu?
Semoga blog kali ini bermanfaat ya bagi semua pembaca
yang sudah mampir ke blog saya ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf.
Terimakasih~
REFERENSI :
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ (diakses pada 08/11/2018)
http://ameliayoniawati.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html (diakses pada 08/11/2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar