Kamis, 08 November 2018

PENJELASAN TENTANG 5P & 7P (BAURAN PEMASARAN)


Hai teman-teman, pada blog kali ini saya akan membahas tentang 5P dan 7P dalam Bauran Pemasaran. Apa kalian sudah mengetahuinya? Jika belum maka dibawah ini adalah pembahasannya.
Sebelum kita masuk ke pembahasan 5P dan 7P, kita harus mengetahui “Apasih Bauran Pemasaran itu?”. Berikut penjelasannya.

BAURAN PEMASARAN

            Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan, diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix).
Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.


Bauran pemasaran terdiri dari 5P dan 7P, berikut penjelasannya          :


  • 5P (konvensional)
      Istilah ini mungkin asing untuk masyarakat. Apakah itu 5P? 5P adalah taktik marketing yang dapat di gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu?

1.   Place (tempat)
      Place adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/ dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.

2.   Promotion (promosi)
      Promotion adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

3.   People (orang)
      People adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian produk dan jasa. 

4.   Price (harga)
      Price adalah adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan. 

5.   Product (produk)
      Product adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
         

  • 7P (commercial)
            Namun dalam pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran (marketing mix) mengalami perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock dan Wright mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 7P, yaitu: product elements; place, cyberspace, and time; promotion and education; price and other user outlays; process;  people; and physical evidence.

1.   Product Elements
      Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.

2.   Place cyberspace, and time
      Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.

3.   Promotion and education
      Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.

4.   Price and other user outlays
      Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumsi produk dan layman yang perusahaan tawarkan dan sajikan.

5.   Process
      Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.


6.   Physical evidence
      Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.

7.   People
      People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).


Gimana nih teman-teman? Kalian pasti sekarang sudah mengertikan apa yang dimaksud dengan 5P & 7P dalam Bauran Pemasaran itu?
Semoga blog kali ini bermanfaat ya bagi semua pembaca yang sudah mampir ke blog saya ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih~

REFERENSI :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar